Garuda wisnu kencana (GWK)

TAMAN GARUDA WISNU KENCANA


Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau disingkat GWK adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa DuaKabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasaribu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter.Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

patung dewa wisnu (gwk)

Patung ini cukup megah dan dibangun dilahan seluas 240 hektar. Ditempat ini juga dibangun banyak fasilitas seperti amphitheater, kolam ikan, teater jalanan, festival kebun, toko cinderamata, ruang pameran, dan juga restoran. Dan tujuan mulia dibalik pembangunan taman budaya ini yakni untuk menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat dan juga generasi muda sebagai penerus.

    Pertunjukan Wisata
kesenian malam GWK

Di taman ini berbagai pertunjukkan kesenian dengan bintang-bintang dunia pernah diselenggarakan. Juga termasuk didalamnya acara pembukan dan penutupan ajang perlombaan internasional yang diikuti banyak sekali atlit dari berbagai macam negara. Ajang tersebut merupakan ajang yang bergengsi bagi Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia.

GARUDA WISNU

Garuda Wisnu Kencana dibangun diatas dataran tinggi berbatu kapur. Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan berbagai panorama keindahan alam di sekitar kawasan selatan Bali dimana berlatar belakang pemandangan alam yang sangat memukau. Berbagai keindahan itu bisa dinikmati dengan nyaman dan terbuka karena memang tempat itu berada di ketinggian yang bisa melihat kemanapun yang diinginkan.

Patung Dewa Wisnu
PATUNG DEWA WISNU

Pembuatan patung Dewa Wisnu, konon, diinspirasi oleh kisah Adi Parwa dalam episosde Garuda tentang rasa bakti dan pengorbanan Burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Maka Garuda kemudian mengabdi kepada Dewa Wisnu dan bersedia untuk dijadikan kendaraanya yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

GERBANG MASUK


Selanjutnya patung ini diharapkan bisa merangsang keseimbangan antara skala dan niskala atau dunia nyata dan tidak nyata sehingga harmonisasi alam dapat tercipta. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah simbol misi penyelamatan lingkungan dan penyelamatan dunia. Taman budaya ini juga untuk mendidik masyarakat, khususnya generasi muda agar ikut melestarikan warisan budaya bangsa.
bagaimana bila patung GARUDA WISNU KENCANA  sudah selesai? wah pastinya sangat bagus . lokasinya pun sangat cocok untuk sobat yang hoby fotographer .jadi jika sobat ke bali saya sarankan sobat ke sini. karena suasananya itu loo mantap buat agan" yang baru pertama kali datang ke bali. top deh buat patung garuda wisnu kencana.